5 Tips Cek Kesehatan Mata Anak

0

Pepatah mengatakan bahwa mata adalah jendela dunia. Mata merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi manusia. Sekitar 80% dari informasi yang diterima manusia berasal dari mata. Apabila mata mengalami gangguan, maka hidup manusia juga ikut mengalami gangguan. Menjaga kesehatan mata, dengan kata lain adalah menyelamatkan aset masa depan pada anak.

5 Tips Cek Kesehatan Mata Anak
5 Tips Cek Kesehatan Mata Anak

Beberapa tips mudah bagi orang tua untuk mengecek kesehatan mata anak. Misalnya pada bayi, ibu dapat mendekatkan wajahnya kepada bayi kemudian bergerak-gerak ke kanan atau ke kiri. Atau bisa juga dengan mendekatkan benda yang berwarna putih, hitam atau warna yang mencolok kemudian benda tersebut digerak-gerakkan di dekat mata si bayi. Bayi yang memiliki mata yang sehat akan mengikuti gerak dari benda tersebut. Sedangkan pada anak-anak, orang tua harus waspada jika anak sering mengucek-ucek matanya, jika melaksanakan sesuatu kegiatan harus secara dekat, melihat tv secara dekat.
Kemudian, waspadai juga jika anak sering juling ketika membaca dan melihat, mengeluhkan pusing dan sakit di sekitar mata, mata merah dan berair tanpa sebab yang jelas dan adanya gangguan perkembangan dalam pendidikan di sekolah. Gangguan-gangguan tersebut sebaiknya diatasi sebelum anak umur 4 tahun. Setelah anak umur 4 tahun, jika terjadi kerusakan agak lebih susah untuk dikoreksi. Jika terdapat gangguan kesehatan mata pada anak sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter dikarenakan perkembangan saraf mata pada anak masih terus berkembang dan berjalan.
Untuk menghindari masalah pada mata yang dapat menimpa anak, orang tua bisa melakukan beberapa langkah mudah, seperti berikut ini. Yang pertama, kurangi kebiasaan menonton tv, main video game dan main komputer yang terlalu sering. Apabila anak Ibu menonton televisi maupun video game, selalu jaga anak agar menonton pada jarak aman, yaitu minimal 5 kali diagonal inchi layar televisi. Sebaiknya posisi tubuh dalam keadaan duduk yang rileks, penerangan yang cukup, tidak terlalu silau maupun remang-remang.
Kedua, biasakan memiliki kebiasaan membaca yang sehat. Saat anak sedang membaca buku, sebaiknya anak membaca dalam posisi duduk dengan pencahayaan yang cukup dan jangan membiasakan si anak membaca sambil tiduran. Keduanya dapat mengakibatkan kerusakan pada mata.
Ketiga, berikan anak-anak makanan yang seimbang 4 sehat 5 sempurna yang di dalamnya terdapat makanan yang bisa mencegah rabun senja (buta malam/rabun ayam). Contoh makanan yang yang baik untuk mata seperti makanan yang mengandung vitamin A alami adalah buah-buahan yang memiliki warna kuning, jingga atau oranye serta sayur-sayuran. Seperti papaya, pisang, mangga, labu, wortel, dan lain-lain. Sebaiknya orang tua tidak sering anak memberi makanan yang bersifat fast food.
Kelima, menjaga kesehatan mata sebenarnya cukup mudah yaitu orang tua hanya dituntut untuk mengajarkan anak selalu membersihkan tangan sebelum memegang mata agar penyebaran kuman tidak sampai ke mata. Saat ada benda yang masuk kedalam mata atau melukai mata anak maka larang mereka untuk mengucek dan menggosaknya karena hal ini bisa merusak kornea mata, segera dibawa ke dokter spesialis mata.
Ya, semoga mata anak-anak kita bisa terus sehat. Tanamkan sejak dini pentingnya menjaga kesehatan mata pada anak. Segeralah periksakan ke dokter jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala kelainan pada penglihatannya. Dengan memeriksakan anak ke dokter spesialis mata, maka dapat diketahui berbagai kelainan penglihatan pada anak dan dapat memberikan solusinya.

Baca juga:  Cerita Tentang Anak yang Ingin Jadi Handphone

Ditulis oleh: dr. Arnila Novitasari Saubig, Sp. M (dokter spesialis mata RS Columbia Asia Semarang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.