Ini Nih Permainan Pengenalan Huruf Pada Anak

0

Bermain menjadi sarana paling efektif untuk mengenalkan huruf pada anak-anak. Dengan bermain, mereka tak merasa belajar sehingga jenuh dengan bentuk-bentuk itu saja. Selain itu permainan yang menarik akan menumbuhkan motivasi pada anak untuk belajar.

Di usia anak-anak, mereka tak merasa butuh belajar. Sebaliknya, bermain menjadi keharusan. Ibarat tanpa jam tanpa bermain. Kertas, peralatan masak, buku, pakaian pun bisa menjadi alat bermainnya. Di manapun dan kapan pun.

Ini Nih Permainan Pengenalan Huruf Pada Anak 1

 

Penulis Baumgartner menyebutkan anak-anak usia 2-4 tahun merupakan usia fantasi anak. Maka cara mengajarinya pun harus sesuai fantasi keinginan mereka. Usia 4-8 tahun lebih menyukai buku-buku dongeng. Tentu saja yang terdapat banyak gambarnya.

Lalu, permainan apa saja yang bisa Yahbun terapkan untuk mengajari anak belajar mengenal huruf?

Salah satunya permainan tebak-tebakan bagi anak usia 3-4 tahun. Pertama-tama, Yahbun membuat huruf dari kertas. Kertas warna menjadi pilihan yang lebih menarik. Gambar bentuk huruf yang lucu dan potonglah. Ajak anak melakukan hal serupa. Sehingga Yahbun punya satu huruf dan anak punya satu huruf. Tentu saja bentuk huruf buatan anak kita belum rapi, atau bisa jadi malah belum berbentuk.

Baca juga:  Terkadang Seperti Itulah Jalannya Rezeki

Selanjutnya, ajak anak menempelkan huruf-huruf itu di papan khusus. Bisa juga ditempel di tembok kamar atau tempat-tempat yang sering di lihat anak. Dengan sering melihat huruf maka anak biasanya bertanya huruf apa dan akhirnya lebih mudah serta cepat hafal.

Ingat ya Yahbun, ajak anak melakukan aktifitas sendiri. Hal yang ia lakukan sendiri biasanya akan selalu mereka ingat.

Selamat mencoba ya Yahbun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.