Jadwal Homeschooler Semester Kedua (Usia 5-6 Tahun)

0

Jadwal Homeschooler Semester Kedua (Usia 5-6 Tahun) 1

Bulan Juni-Juli. Di saat emak-bapak lain sibuk mencari sekolah, emak-bapak homeschooler juga ribet. Bukan mencari sekolah memang, namun melakukan evaluasi permainan si anak di semester pertama. Memilah mana permainan anak yang disukai, enjoy saat melakukan, serta jadwal-jadwalnya.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah passion si anak. Emak-bapak homeschooler sebisa mungkin paham keinginan dan kebutuhan si anak. Pada hal yang disukai dan itu menunjang pasionya, maka sebisa mungkin ditambah jamnya. Jika sebaliknya, bisa jadi sedikit dikurangi durasinya.

Bagaimana mengetahui pasion si anak? Cukup perhatikan apa yang sering ia bicarakan, lakukan, dan pratikkan. Misal, si anak suka kuda. Perhatikan, apakah ia sering bermain, bercerita atau bahkan mempraktikkan bagaimana menjadi kuda? Jika iya, mungkin si anak suka peternakan khususnya kuda. Apa salahnya ajak dia ke stabel. Teorinya sih seperti itu, tapi praktiknya, masing-masing orang tua lebih tahu. Hehe…

Di semester kedua, si emak dan bapak menambahkan permainan roleplay. Bermain peran yang kelihatannya sangat disukai anak-anak. Di semester pertama tak ada permainan itu, tapi ketemu begitu saja saat mereka bermain telling story dan kuda-kudaan. Akhirnya ditambahkan.

Di semester kedua, si emak dan bapak menambahkan permainan roleplay. Bermain peran yang kelihatannya sangat disukai anak-anak.

Poin penting lainnya adalah diskusi. Si emak dan bapak belum mencobanya sih. Tapi, sejauh ini anak-anak sering mengutarakan keinginan dan pendapatnya saat diajak bermain. Maka alangkah lebih baik jika mencoba beberapa menit untuk diskusi lebih formal.

Tiap akhir pekan, si emak dan bapak wajib mengevaluasi. Apa yang kurang dan tidak tepat harus segera dirubah. Karena keduanya adalah guru sekaligus kepala sekolahnya.

Salam.

Berikut jadwal homeschooling yang kami jalankan untuk semester kedua. Saat usia homeschooler 5,5 tahun.

Jadwal Homeschooler Semester Kedua (Usia 5-6 Tahun) 2

Jadwal Homeschooler Semester Kedua (Usia 5-6 Tahun) 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.