Membuat Jadwal Bermain Homeschooler Usia 3-5 Tahun

0

Membuat Jadwal Bermain Homeschooler Usia 3-5 Tahun 1

 

Ternyata tak mudah membuat jadwal bermain bagi anak-anak. Sebelum jadwal ini fix dan kami jalankan untuk semester ini, ada beberapa kali diskusi yang tanpa ujung. Selalu to be continue…

Sejak akhir tahun 2017, saya dan bundanya kiddos sudah sama-sama mencari referensi kegiatan pembelajaran yang pas. Melihat dan membandingkan jadwal kegiatan anak-anak sekolah seusianya. Ini sebenarnya bukan sebagai patokan. Namun kami sebagai orangtua homeschooler yang baru belajar, hal itu sangat dibutuhkan.

Oh ya, saat itu usia si kakak 5 tahun dan adiknya 2 tahun.

Tak hanya itu, kami juga melihat tema-tema kurikulum yang distandardisasikan oleh Kementerian Pendidikan. Di sana banyak contoh-contoh kegiatan yang bisa dijalankan. Misalnya tema kegiatan “Aku dan keluarga”, maka beragam kegiatan yang di plot dijadwal mesti berhubungan dengan itu. Contoh yang lebih detil, bermain perkenalan. Mengenalkan nama diri sendiri, nama orang tua, sampai anggota keluarga lainya. Setelah itu apa pekerjaanya, dst….

Sampai situ saja? NO. Kami harus menanyakan kegiatan apa saja yang ingin dilakukan oleh anak-anak. Lantaran mereka adalah subjeknya, bukan objek. Maka, semua kegiatan yang dilakukan sebisa mungkin disukai. Mereka menyebutkan masak-masakan, berenang, melihat horse (peternakan kuda), naik kuda, jual-jual (ngikut bundanya yang bakulan baju.. hehe).

Dari sini, mulai ada gambaran kegiatan apa saja yang akan dijadwalkan bagi kiddos.

Sudah selesai? Belum. Kami harus menyesuaikan jadwal kegiatan dengan agenda ayah bundanya. Semisal, setiap hari Selasa, Sabtu dan Minggu pagi sudah hampir pasti bundanya ndak bisa diganggu.

Menyusun jadwal ternyata mirip seperti sepak bola liga champions. Ada babak playoff ragam kegiatan, penyisihan, hingga head to head untuk memilih mana yang terbaik.

Baca juga:  Mendidik Mereka di Rumah

Sehingga tersusunlah jadwal seperti ini di semester ini:

Hari Senin – Berenang, TPQ, belajar membaca. Mengapa berenang dan bukan yang lain? Lantaran saat iu kami mencoba memberikan alternatif dan bermain air adalah pilihan mereka.

Hari Selasa – Handycraft dan TPQ. Model-model handycraft yang kami ajarkan berbeda beda biar anak tidak bosan. Misalnya membuat boneka sederhana dari kain flanel, membuat cupcake dari kertas warna, atau membuat hewan dengan memotong-motong kertas. Kegiatan ini kami nilai sebagai perangsang menumbuhkan kreatifitas dan kemampuan motorik.

Hari Rabu—Mengenal lingkungan sekitar, bermain lego dan TPQ. Mengenal lingkungan ini kami anggap penting bagi anak-anak di usianya.

Hari Kamis – Piano, handycraft, TPQ

Hari Jumat – memasak, TPQ dan belajar membaca. Lho memasak? Iya ini adalah pengenalan. Lagian di kakak perempuan terlihat suka mengganggu bundanya saat di dapur. Maka kami mengarahkannya dengan kegiatan memasak bersama. Buat apa? Bisa buat penthol ojek, martabak telor, atau pisang goreng.

Hari Sabtu — outing dan story telling. Sebenarnya hari Sabtu adalah acara bebas di luar rumah. Terserah mereka. Biar tidak bosan dan mengenal dunia luar.

Let’s enjoy it….

Salam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.