PSSI Belajarlah pada Dana White dan Carmelo Ezpeleta

0
PSSI Belajarlah pada Dana White dan Carmelo Ezpeleta 1
Dana White

Prediksi bos UFC Dana White soal pertarungan Khabib Nurmagomedov dengan Conor McGregor akan menjadi laga terbesar UFC terbukti. Laga ini jelas mengalahkan pendapatan maupun rating laga tertinggi sebelumnya saat McGregor melawan Nate Diaz tahun 2016.

Lalu berapakah yang diperoleh UFC? Jelas sangat tinggi. Semua tiket terjual, hak siar televisi juga direngkuh. Sebagai gambaran, laga Diaz melawan Mc Gregor disaksikan lebih dari 1,65 juta orang dan menghasilkan pendapatan lebih dari 82 juta dolar AS (Rp1,2 triliun). Luar biasa…

Bayangkan jika UFC memiliki sepuluh petarung macam MC Gregor, Khabib, maupun Nate Diaz.

Saat ini Dana White pun disebut sebagai salah satu bos olahraga dengan rekening paling gendut. Begitu juga dengan petarung-petarungnya yang mengantongi puluhan bahkan miliaran rupiah usai tanding.

Soal pendapatan, mari beralih pada ajang Moto GP. Dari belasan ajang moto GP yang digelar, tak kurang Rp 1,4 triliun masuk ke rekening Dorna selaku penyelenggara moto GP. Padahal pada awal kemunculannya hingga tahun 1990-an, balap roda dua ini kalah jauh jika dibandingkan dengan balap mobil Formula 1. Sama-sama balapan, tapi formula menampilkan suguhan yang lebih ‘panas’ pertarungan antar pebalap yang luar biasa. Ada Schumacher, Hakkinen, Coulthard atau Rubens Barichello.

PSSI Belajarlah pada Dana White dan Carmelo Ezpeleta 2
Carmelo Ezpeleta dan pebalap Valentino Rossi

Lalu apa yang dilakukan keduanya (Dana White dan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta) untuk memopulerkan olahraga yang mereka pimpin dan tentunya meraup keuntungan besar? Jawabnya adalah memelihara perseteruan dan fanatisme.

Dana White sama sekali tak menjatuhkan skorsing pada McGregor saat menyerang bus yang berisikan kawan-kawan latihan Khabib Nurmagomedov setengah tahun lalu. Sabuk juara McGregor memang dicabut namun White jelas memelihara pertarungan psikis dan imajinasi UFC fans akan pertarungan Khabib dan McGregor. Saat penyerangan itu dilakukan, belum ada jadwal pertarungan keduanya. McGregor lantas berurusan dengan kepolisian karena itu merupakan tindak kriminal.

Sama saat akan dihelat pertarungan Nate Diaz dengan McGregor. Psywar antar keduanya seakan dibiarkan atau justru malah dipantik dengan dilakukannya wawancara-wawancara dengan teammate masing-masing. Hal itu memang terbukti manjur untuk memantik keinginan fans menonton secara langsung pertarungan maupun di televisi.

Di sisi lain, Carmelo Ezpeleta jelas harus berterima kasih dengan kemunculan si Baby Allien Marc Marquez di moto GP. Marquez adalah petarung nyentrik yang sangat mirip dengan valentino Rossi muda. Pertarungan keduanya, baik di lapangan maupun komentar-komentar di luar lapangan terus dipelihara oleh Bos Dorna itu. Kenyataanya, keduanya memiliki fans yang sangat banyak dan merekalah yang menghidupkan moto GP.

Serangan-serangan verbal maupun senggolan di treck itulah yang terus memantik animo fans untuk terus menonton. Hal itulah yang tidak dilakukan oleh Formula 1 yang kemudian seakan tertinggal dari balap roda dua itu.

Contoh kasus, bagaimana saat Rossi menyerang Marquez saat pertarungan gelar juara di Malaysia dua tahun lalu. Bisa saja Rossi didiskualifikasi karena membahayakan pebalap lain. Tapi menjaga pertarungan keduanya sama juga menjaga fans.

Lalu apa yang dilakukan PSSI di Liga Indonesia? Memang operator liga indonesia adalah PT Liga Indonesia Baru (LIB). Namun keduanya harus paham soal sport tourism. Saat ini olahraga bukan lagi tontonan biasa tapi juga wisata. Maka semua aspek pendukung mesti dikelola.

Kenyataanya PSSI maupun PT LIB belum bisa melakukan itu. Saat ada pertarungan antar suporter seakan itu menjadi momok yang membahayakan sehingga pertandingan pun digelar tanpa penonton. Bukan itu semestinya. Bukan. Pertarungan antar suporter harus dilihat dari sisi animo besar masyarakat. Singkatnya itu adalah uang.

Lalu apa yang mesti dilakukan, saya tak ingin menggurui. Mungkin lebih baik PSSI belajar pada Dana White maupun Carmelo Ezpeleta.

Salam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.